am i a living legend??

selama 4 tahun kurang (awal 2003- akhir 2006) gw dah bantu lebih dari 2000++ mahasiswa selesain tugas akhir/skripsi dan 2 tesis dosen.
dan semua gw kerjain sebelum gw nyusun skripsi gw sendiri.

you know what, ini diawali dengan sebuah ketidaksengajaan.
dan uang yang didapet juga gak sedikit. biaya 1 anak itu rata2 1 juta.
klo ditotalin lebih dari 2 M.

awalnya cuma mahasiswa Depok aja yang dibimbing, lama2 mahasiswa Bandung pun berdatangan.  adalagi yang dari PEKANBARU
macam2 orangnya, mulai dari orang kaya, yang cakep, yang rese sampe yang aneh.

ada yang mo bayar pake tubuh lah (wew), ada juga yang bayar dengan bekerja jadi OB di kosan gw.
until one day, waktunya gw yang sidang. lebih dari 1 jam gw di ruang sidang, padahal yang lain kurang dari 15 menit. temen2 gw dah khawatir klo gw diomelin ma pihak kampus, ternyata…. gw malah dikasih duid, disuruh bantuin tesis dosen penguji gw. wkwkwkkk

saking banyaknya yang ikut bimbingan, setiap gw ke kampus. tiap langkah pasti ada yang nyapa gw. serasa jadi seleb 🙂

sungguh pengalaman hidup yang menakjubkan


let’s story begin


curhat

skripsi1

Kebayang gak sih dulu pas waktu bikin tugas akhir? Skripsi atau tesis?

Bisa gila duluan kan. Kebanyakan anak2 kuliahan ngalamin stress tingkat tinggi pada saat nyusun skripsi, beberapa ada yang jatuh sakit dan malah ada juga yang DO (Drop Out) gara2 udah gak kuat nyusun skripsi.

Skripsi bisa berjalan dengan baik/buruk jika :

Sisi Dosen :

Akan berjalan baik jika

  1. Dosennya baik (ngarep banget)
  2. Jadwal konsul yang jelas dan gampang untuk ketemunya
  3. Mau ngasih masukkan yang benar

Akan berjalan buruk jika:

  1. sebagian dosen tuh baik, tapi klo lagi apes. Dapet dosen yang mau rada2 killer, tiap kampus pasti ada aja yang killer
  2. jadwal konsultasi yang gak jelas dan dah gitu susah diketemuin nya (sibuk) n kadang klo ktemu cuma bentar, nunggu nya aja yang lama
  3. ada beberapa dosen pembimbing yang kerjaan nya bukan ‘membimbing’ tapi menyuruh. Disini bisa dibedakan mana yang membimbing dan mana yang menyuruh. Klo membimbing biasanya disertai dengan saran dan masukkan yang positif. Sedangkan klo menyuruh, dosen terkesan tidak mau tau. Misalnya mahasiswa diharuskan membuat system A, entah siswa ini bisa atau tidak, dan yang lucunya lagi terkadang topic skripsi yang diberikan terkadang hanya dibahas sepintas saja dibahas dikelas, lalu bagaimana si anak ini dapat menyelesaikan skripsi

Sisi Mahasiswa

Akan berjalan baik jika :

mahasiswa-dalam-acara-pelatikan-bem
Rajin, sering ikut kelas, baca buku
Menguasai beberapa teknologi atau bahasa pemrograman terkini (khusus anak2 jurusan ilmu computer/informatika)
Kenal atau deket ma beberapa dosen<– biasanya yang suka ikut organisasi kampus atau asisten dosen

Akan berjalan buruk jika:

MALES!!! Beh, anak jaman sekarang. Bukannya masuk kelas, malah maen bilyar n PS. Trus cuma nongkrong2 liatin cewe dikampus (wkwkwkkk, gw banget nih),

apalagi yang ngerasa bintang kampus, pacaran mulu dah, klo dan mo ujian sibuk potokopi, dibaca juga kaga :D. satu lagi, hobby banget nitip absent. (Hahahahaa… ini juga gw banget)
Kuper, bebel. Gak tau mo nyusun skripsi tentang apa. Emang gak ngerti apa2an(hahahahaaa… banyak nih dulu dikelas gw. Makanya kuliah, jangan maen mulu kerjaannya)
demo-mahasiswaBiang kerok kampus, tukang tawuran, preman kampus, suka demo tentang kebijakan kampus. Nah grup ini nih yang udah rada2 susah, kebanyakan dosen dan pada tau. Dari awal bimbingan juga dosen dah males


contoh kasus

bookstackev8zl4dapet dosennya baik, topic skripsi dah dikuasai. Yang ini dah pasti gak nemuin masalah yang berarti.

dapet dosennya yang banyak maunya. Suruh bikin ini itu yang gak dikuasain. Padahal anaknya rajin n lumayan berotak. Dah pasti nih nongkrong di kampus cuma ke perpus ma browsing internet nyari bahan. Sumpah!! Ini bukan kerjaan gampang

nah klo pas anaknya yang otak nya pas2an, atawa males? Mampus aja dah. Kasus ini yang paling banyak gw temuin


this is where I started my journey

gw kuliah masuk tahun 2000 jurusan tehnik computer. Sebelum kuliah gw dah kerja freelance betulin2 komputer2 tetangga2, kantor2 kecil ma wartel deket rumah( beuh, jaman dulu booming wartel, gampang banget gw nyari duid).

Masuk kelas, klo mata kuliahnya enak n dosen nya juga sreg. Klo ga, ya paling ke warnet atw maen ps, mentok2 maen bilyar. Lo pada ngaku dah, semua nya pasti pernah kaya gw

one day, pas gw maen ke kosan temen. ada cewe, cakep!.  yang anehnya, dia nyariin gw. wew,  ada apakah? GR nih gw. ternyata dia minta tolong dibantuin buat aplikasi VB tentang penjualan.

kurang dari 1 jam gw dah selesain semua aplikasinya. gak sampe 1 minggu berlalu, dia dateng lagi. tapi kali ini bawa temennya, 3 orang. gw bantu buatin aplikasi animasi flash, semua selesai 2 jam an. 1 hari kemudian…. 1 KELAS dateng. weekss!!!


until one day, gw butuh duid buat bayaran kuliah

bisnis wartel dah meredup di 2003, mungkin karena dah pada punya hp. komputer rusak juga dah jarang.  otomatis pemasukkan gw gak ada. apalagi dah mo bayaran kuliah, dari awal gw biayain kuliah sendiri. gak mo nyusahin orang tua.

akhirnya, gw coba memanfaatkan peluang. gw tawarin siapa aja yang mo dibantu skripsinya. gak dapat dipercaya, dalam 1 bulan lebih dari 100 orang peminatnya


1 orang 1 sifat, 2000 orang 2000 juga sifat ma gayanya

sumpah, ngurus segitu banyak mahasiswa tuh bukan urusan gampang. sebagian besar pada asik asik aja, tapi ada beberapa diantara mereka yang banyak gayanya, ngajarin nya setengah mampus.

satu yang gw inget banget, dulu ada mahasiswa perantau. dia gak punya uang, tapi pengen belajar ma gw. akhirnya dia bantu bersih-bersihin kosan gw. ada yang anehnya lagi, ada yang mo bayar pake tubuh. wowww, cobaan terberat nih bro(cakep soalnya :p).  dengan berat hati gw nolak, meskipun arus bawah demo. hahahaa


waktu menghadapi sidang adalah waktu yang kritis

klo udah waktunya sidang, paling banyak mahasiswa yang dateng untuk membahas skripsi dan simulasi sidang. ada yang udah dateng dari jam 5 subuh!!
alasannya masuk akal memang, biar dapet giliran pertama. soalnya yang dateng diatas jam 9 pagi, bakalan dapet waktu konsul nya bisa jam 5 sore atau jam 8 malem !!
malah ada yang nginep segala, gak cewe gak cowo. tempat gw dah kaya tempat penampungan orang stress wkwkwkwk

muka nya ada yang senyum2 sendiri, ada yang nangis, wah macem2 dah.


(maaf) gak semua dosen pintar

maaf sebelumnya, bapak ibu dosen. bukan maksud untuk menjatuhkan nama dosen, cuma ada sebagian dari anda yang sulit dicerna dengan otak.

contoh yang menggelikan adalah sewaktu ada skripsi tentang web, dan dosen itu tidak bisa membukanya. dan dia malah meminta web tersebut dalam berbentuk EXE.
dia menjawab, “saya belum mengerti tentang PHP”. what the… koq bisa jadi dosen pembimbing.

ada lagi yang membuat aplikasi VB 6, dosen nya minta VB nya diupload. biar dia bisa liat secara online. “please deh pak, ini aplikasi desktop, bukan web. jadi gak perlu diupload segala”. mungkin kasusnya beda lagi klo bikin ASP.NET

sekali lagi maaf  jika ada yang tersinggung, namun kejadian sebenarnya memang seperti ini. mungkin dia bukan praktisi langsung, dan mungkin dia hanya menguasai teori dan buku


the most famous man di kampus, tentunya selain rektor gw

klo gw main ke kampus, misalnya mo ngurus pembayaran atau mengambil nilai. mulai dari naik angkot, ketemu anak bimbingan.  masuk ke kampus, tiap langkah pasti ada yang menyapa. jadi serasa seleb :D.  sampe pas mo ngambil nilai atau mo bayaran kuliah, yang jaga loket juga anak bimbing gw. OMG!


over quota, ampe bawa orang tuanya ke tempat gw

perbulan biasanya gw patokin 50-100 mahasiswa yang mo dibimbing, sering banget over quota klo lagi musim nyusun skripsi. gak jarang gw tolak.
dan yang parahnya lagi, ada yang sampe nangis supaya bisa masuk bimbingan. seharian tuh anak nangis di depan kosan gw. dah stress mungkin dia.
klo dah gini mo gimana lagi, pasti gw terima. besok hari nya, orang2 yang gw tolak pada dateng, mo protes.  malah sampe bawa orang tuanya segala, anjritt!!.
mana ada yang dateng masih pake seragam militer ma kepolisian lagi. kan gw jadi ciut, mo ga mo harus mau wkwkwkkk


tiba saat nya gw maju sidang

para suporter gw panik nunggu di luar ruang sidang, biasanya cuma 30 menit paling lama di dalam ruang. gw dah lebih dari 1 jam diruangan sidang.
“apa yang terjadi? diomelin kah si kang sono didalem karena membantu anak2 mahasiswa?”. mungkin itu yang ada di pikiran para supporter.
gak disangka, ternyata didalem gw disuruh membantu tesisi dari salah satu dosen penguji. gw disuruh membuat aplikasi pendukung tesis. dan tentunya dibayar dong.
hahahaaa.. pas gw keluar, gw liat expresi temen2 gw. pada pucet semua, “perasaan gw yang sidang, koq lo lo pada yang stress ” (di smack gw ma temen2 gw)


life must go on

di 2006, gw dah selesai sidang n dan wisuda S1. gw ngelamar di perusahaan asing, di Entertainment. pas bekerja disini, gw tidak melanjutkan petualangan di bidang bimbingan
disini kerjaan gw sama aja. bikin aplikasi untuk pendukung gameshow, dan yang buat gw bangga adalah software yang gw buat di export ke negara lain.
waaahhh, suatu pencapaian yang melebihi ambang harapan gw. terakhir tahun 2008 gw buat software untuk perusahaan di cina. dan nilainya udah bukan puluhan juta, tapi ratusan juta

to be continued

42 Responses to “am i a living legend??”

  1. anonim Says:

    Boss.. kalo mo bikin TA brp duit!?
    please… email gw yah, gw tunggu…
    thanks…

  2. yudi Says:

    anak gundarkah ? ato ui kah

  3. essajiwa Says:

    Pertamaaaxxx…

    wakakaka… mantaff kang! btw sekarang dah ga lagi ya…

    Ditunggu lanjutannya gan.. 😀

    • kangsono Says:

      nyelesain tesis punya sendiri aja dulu kang
      nanti klo ada waktu luang bisa dimulai lagi petualangannya

  4. Derry Adrian Says:

    Eeeh… ketemu teman senasib.
    Cuma memang rekor ku tidak sampe segitu oom…

  5. Syarief Says:

    mantap deh… bikin perusahaan aja bro… namanya PT. Bikinin Skripsi, dijamin banyak deh clientnya…

  6. BAPAK BROTO Says:

    manteebhh ceritanya ………………..

    lanjutkan broo episode berikutnya.. !

    tetep semangat dan jaya terus…

  7. Soultan G. Says:

    waduh akangsono, pengalamana buanyak sekali..mantap deh kang..gak sia sia di tekkom..

    sukses selalu.. ^^v

  8. Saya Says:

    Hebat bro! 🙂

  9. phie Says:

    wkwkkwkw. kapan kang di lanjutin ceritanya…..dah ga sabar nih liat yg bawah demo :))

  10. let's try Says:

    aje gile lo kagak mau dikasih tubuh…wkwkwkwk…mangstaps bro

  11. kaoji Says:

    wow ce na cantik boleh tuh gan di share no hp na hehehe…

  12. muridMu Says:

    gila lu kang…..!!!!
    ternyata ud berani menampakan diri neyh???
    wkwkwkwkwk……

    saluuut tu akang..
    yg penting mah makan2nya aja..
    kan gw murid setia c akang..
    hehehehe….

  13. abuhaidar18 Says:

    wah senengnya.. ga tahu seneng apaan..

  14. andi vai Says:

    mantab tuh dibayar pake tubuh… hihihi dosa kali yaaaaksss

    http://andivai.wordpress.com

  15. Caesar Says:

    wah pasti u nanti jadi manajer di perusahaan u atau pemilik perusahaan, ane doa’in deh. 🙂

  16. gamatatsu Says:

    Mantab kang!!
    Mang kalo punya ilmu jgn disimpen sendiri…
    Dijadiin duit…
    hehehe

    ditunggu lanjutannya…

  17. baskin Says:

    yaaaaahh…bisa di bilang kamu eksis mas..

    hebat!! tolong dong skripsi aq..bisa ga?

  18. Adiet Selebriti Says:

    weits kang sono atau kang… kangkung… ^_^ hwehehheeey… gokil beneran famous lu kang nggak hanya di dunia nyata, di dunia maya juga terkenal bak luna maya… hwhehehheheey….

    sip2… kang jangan lupa web nya yah.

    kick the wave dud.

  19. Adiet Selebriti Says:

    numpang ngetop yah kang,
    blog gw di :

    http://www.adiet85.co.cc

    regards,
    fs,fb,myspace : adiet_bleh@yahoo.com

  20. gw anak elektro Says:

    assalamualaikum
    Sob…gw tertarik dengan “job” anda…

    masalahnya gw dah nulis TA sekitar hampir satu tahun,,,tapi itupun blum kelar2(entah faktor dosen gw yg resek,,,bahan TA gw yg gw minta dari P*N kurang)….sedangkan temen gw dah banyak yg lulus sob(jd ngiri…mo marah,,,ya gimana….)

    tolong dikasih p”pencerahannya”(email balik gw yah…soalnya gw peminat SERIUS)

    terima kasih

  21. bigcarlos Says:

    salut, bro.. 🙂

  22. angga Says:

    waduh gan

    ym sampeyan apa

    add aq ya

    rabbitoz_cute@yahoo.com

    gue mau beli nih

  23. pocoyo Says:

    makin mangtabs aja nih akang sono…
    keep on your act 😀

  24. bintangkesiangan Says:

    salut gan

    kok bisa ya
    pa resepnya gan

  25. langit_biru Says:

    mantaf…..

    saluete…

  26. el nugraha Says:

    Kisah teman2 seperjuangan kang sono kenapa tidak di ceritakan jg???
    kang sono tidak sendirian kan???dalam berjuang,.,,

  27. denny Says:

    weksss,, mantep ya gan…
    luar biasa… apalagi pas arus bawah demo.. wlllw

  28. sanjaya Says:

    manteb gan… bagus bgt,,,

  29. adityawibisana Says:

    wih… Ngeri banget akang…
    Hebat…

  30. adityawibisana Says:

    eh, btw, share dong, judul tesis bimbingan akangsono apa aja, ntar kan bisa jadi referensi buat mahasiswa lain,
    jadi gak asal dibuatin gitu…

  31. lailanifitria Says:

    Keren..
    baik banget seh kamu

  32. Mahasiswa Baru Says:

    Mantep dah si oom satu ini hahahahahaha

  33. M. Nasihin Says:

    luar biasa kisahnya, ane jadi terinspirasi nih

  34. bamz Says:

    wow kerennn…mas….
    salut sayaaaa…….

Leave a comment